Kamis, 15 November 2012

MENGELOLA DENGAN LINGKUNGAN BISNIS DINAMIS MENGAMBIL RISIKO DAN MEMBUAT KEUNTUNGAN

Selasa , 11 september  2012 adalah minggu kedua saya dan teman-teman kelas L mengikuti kuliah di perbanas. Pada hari itu adalah jadwal awal presentasi pertama untuk mata kuliah pengantar bisnis dan manajemen yang ditampilkan kelompok pertama. Mereka mempresentasikan tentang “mengelola bisnis dengan lingkungan bisnis dan dinamis mengambil risiko dan membuat keuntungan dimana mereka mengawali dengan menjelaskan apa yang dimaksud bisnis, bahwa bisnis yang selama ini kita tau adalah sebuah ofganisasi yang dibentuk dan dijalankan untuk mancapai suatu tujuan tertentu.
Nah.. tujuan-tujuan itu adalah untuk memperoleh laba. Dan laba itu akan digunakan untuk kelangsungan hidup mereka yang menjalankan nbisnis tersebut. Selain itu untuk pengembangan bisnis dan tanggung jawab sosial. Dengan berbisnis kta menciptakan kekayaan melalui faktor-faktor produksi yaitu SDA, SDM, sumberdaya modal, kewirausahaan dan pengetahuan.
Kemudian mereka juga menjelaskan tentang lingkungan bisnis. Bagaimana bisnis dalam lingkungan ekonomi dan bisnis, ada juga pengambilan alihan pemerintah dan juga dalam lingkungan teknologi. Dalam dunia bisnis kita pasti dihadapkan dengan para pesaing.
Masalah-masalah bisnis yang dihadapi npada abat 21 yaitu :
1.       Ras
2.       Jenis kelamin
3.       Etnis
4.       Cacat
5.       Umur
6.       Bahasa
7.       Kepercayaan dan orientasi seksual
 
Bisnis adalah sebuah aktivitas yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain. Bisnis pasti akan menjadi bagian dari komunitas yang di dalamnya ada pihak-pihak lain (biasanya dalam bisnis dikenal dengan istilah stakeholder/pemangku kepentingan). Stakeholder disini bukan hanya satu pihak, tetapi banyak pihak yang satu sama lain mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis. Maka dari itu, bisnis tidak akan pernah berdiri sendiri. Biasanya, bisnis dijalankan dalam sebuah organisasi, disebut organisasi apabila perkumpulan orang-orang tersebut memiliki jangka waktu yang relatif lama, dan melibatkan lebih dari 1 orang.
Jika kita membahas tentang bisnis, tentunya tidak akan lepas dari istilah laba. Laba adalah sejumlah uang yang kita peroleh dari bisnis, diluar modal yang telah kita keluarkan.
Di dalam pembelajaran bisnis, kita juga akan mengenal istilah badan usaha. Badan usaha ini muncul dan berkembang karna adanya kebutuhan. Dan apabila tidak ada yang menanam modal dalam suatu badan usaha, maka keuntungan pun tidak akan muncul.
Selain badan usaha, ada juga organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba bersifat nonprofit. Artinya, organisasi ini tidak mementingkan diri sendiri.
Untuk mengembangkan sebuah bisnis, dipengaruhi oleh beberapa faktor produksi. Faktor-faktor produksi tersebut adalah Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Modal, Kewirausahaan, dan pengetahuan. Semakin banyak faktor-faktor produksi yang terpenuhi, maka semakin maju sebuah bisnis tersebut.
Selain faktor-faktor produksi diatas, masih banyak yang mempengaruhi berkembangnya sebuah bisnis. Salah satunya adalah lingkungan teknologi. Lingkungan teknologi mencakup produktivitas, E-commerce, dan respon dari pelanggan. E-commerce yang dimaksud adalah organisasi yang tidak mencakup untuk menciptakan laba. Sedangkan respon dari pelanggan dan produktivitas merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis.
Yang tidak pernah lepas dari lingkungan bisnis adalah lingkungan persaingan. Yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah harapan pelanggan, yaitu suatu kedaan dimana keinginan, harapan, dan kebutuhan pelanggan dipenuhi dengan syarat jumlah permintaan tidak melebihi persediaan yang ada. Yang kedua adalah memperdayakan proses meningkatkan kapasitas individu. hal ini harus dioptimalkan agar terjadi kesinambungan yang baik.
Selain lingkungan persaingan, kita juga akan mengenal lingkungan sosial. Dimana dalam lingkungan sosial ini mencakup keanekaragaman atau multikultural, dalam hal ini terjadi perkawinan silang seperti beda etnis, dll. Selanjutnya adalah penuaan di Amerika, Dua-penghasilan keluarga (penghasilan suami dan istri), dan orang tua tunggal (penghasilan diperoleh dari 1 orang)
Ada juga lingkungan global. Dalam lingkungan global, kita harus mengetahui persaingan internasional dan perdagangan bebas (dilakukan antarnegara) misalnya persaingan teknologi. Selanjutnya adalah perbaikan transportasi dan komunikasi, perang terorisme, dan perubahan global. Perubahan global yang dimaksud disini seperti munculnya pasar global (meliputi universal, dua ngara atau beberapa negara), perjanjian perdagangan, dan persaingan global.
Sekian untuk bembahasan topik di atas... kurang lebihnya saya minta maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar