Nah.. tujuan-tujuan itu adalah
untuk memperoleh laba. Dan laba itu akan digunakan untuk kelangsungan hidup
mereka yang menjalankan nbisnis tersebut. Selain itu untuk pengembangan bisnis
dan tanggung jawab sosial. Dengan berbisnis kta menciptakan kekayaan melalui
faktor-faktor produksi yaitu SDA, SDM, sumberdaya modal, kewirausahaan dan
pengetahuan.
Kemudian mereka juga menjelaskan
tentang lingkungan bisnis. Bagaimana bisnis dalam lingkungan ekonomi dan
bisnis, ada juga pengambilan alihan pemerintah dan juga dalam lingkungan
teknologi. Dalam dunia bisnis kita pasti dihadapkan dengan para pesaing.
Masalah-masalah bisnis yang
dihadapi npada abat 21 yaitu :
1.
Ras
2.
Jenis kelamin
3.
Etnis
4.
Cacat
5.
Umur
6.
Bahasa
7.
Kepercayaan dan orientasi seksual
Bisnis adalah sebuah aktivitas
yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain. Bisnis
pasti akan menjadi bagian dari komunitas yang di dalamnya ada pihak-pihak lain
(biasanya dalam bisnis dikenal dengan istilah stakeholder/pemangku
kepentingan). Stakeholder disini bukan hanya satu pihak, tetapi banyak pihak
yang satu sama lain mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis. Maka dari itu,
bisnis tidak akan pernah berdiri sendiri. Biasanya, bisnis dijalankan dalam
sebuah organisasi, disebut organisasi apabila perkumpulan orang-orang tersebut
memiliki jangka waktu yang relatif lama, dan melibatkan lebih dari 1 orang.
Jika kita membahas tentang bisnis,
tentunya tidak akan lepas dari istilah laba. Laba adalah sejumlah uang yang
kita peroleh dari bisnis, diluar modal yang telah kita keluarkan.
Di dalam pembelajaran bisnis, kita
juga akan mengenal istilah badan usaha. Badan usaha ini muncul dan berkembang
karna adanya kebutuhan. Dan apabila tidak ada yang menanam modal dalam suatu
badan usaha, maka keuntungan pun tidak akan muncul.
Selain badan usaha, ada juga
organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba bersifat nonprofit. Artinya, organisasi
ini tidak mementingkan diri sendiri.
Untuk mengembangkan sebuah bisnis,
dipengaruhi oleh beberapa faktor produksi. Faktor-faktor produksi tersebut
adalah Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Modal, Kewirausahaan,
dan pengetahuan. Semakin banyak faktor-faktor produksi yang terpenuhi, maka semakin
maju sebuah bisnis tersebut.
Selain faktor-faktor produksi
diatas, masih banyak yang mempengaruhi berkembangnya sebuah bisnis. Salah
satunya adalah lingkungan teknologi. Lingkungan teknologi mencakup
produktivitas, E-commerce, dan respon dari pelanggan. E-commerce yang dimaksud
adalah organisasi yang tidak mencakup untuk menciptakan laba. Sedangkan respon
dari pelanggan dan produktivitas merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis.
Yang tidak pernah lepas dari
lingkungan bisnis adalah lingkungan persaingan. Yang sangat perlu untuk
diperhatikan adalah harapan pelanggan, yaitu suatu kedaan dimana keinginan,
harapan, dan kebutuhan pelanggan dipenuhi dengan syarat jumlah permintaan tidak
melebihi persediaan yang ada. Yang kedua adalah memperdayakan proses meningkatkan
kapasitas individu. hal ini harus dioptimalkan agar terjadi kesinambungan yang
baik.
Selain lingkungan persaingan, kita
juga akan mengenal lingkungan sosial. Dimana dalam lingkungan sosial ini
mencakup keanekaragaman atau multikultural, dalam hal ini terjadi perkawinan
silang seperti beda etnis, dll. Selanjutnya adalah penuaan di Amerika,
Dua-penghasilan keluarga (penghasilan suami dan istri), dan orang tua tunggal
(penghasilan diperoleh dari 1 orang)
Ada juga lingkungan global. Dalam
lingkungan global, kita harus mengetahui persaingan internasional dan
perdagangan bebas (dilakukan antarnegara) misalnya persaingan teknologi.
Selanjutnya adalah perbaikan transportasi dan komunikasi, perang terorisme, dan
perubahan global. Perubahan global yang dimaksud disini seperti munculnya pasar
global (meliputi universal, dua ngara atau beberapa negara), perjanjian
perdagangan, dan persaingan global.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar