Kamis, 29 November 2012

BAB 1 MANAJEMEN INOVATIF DI MASA SULIT


MANAJEMEN INOVATIF DI MASA SULIT

Manajemen adalah pencapaian berbagai tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan, pengendalian sumber daya organisasional.

EMPAT FUNGSI MANAJEMEN

  1. Perencanaan : mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa depan serta memutuskan tugas dan penggunaan sumberdaya yang di perlukan untuk mencapainya.
  2.  Pengelolaan : fungsi manajemen yang mencakup penentuan tugas, pengelompokan tugas dan pengeloalaan sumber daya di seluruh perusaahan. 
  3.  Kepemimpinan : fungsi manajemen yang mencakup penggunaan pengaruh untuk memotivasi  karyawan guna mencakup tujan organisasional. 
  4.  Pengendalian : fungsi manajemen yang memonitor aktivitas karyawan, menetukan apakah organisasi sejalan dengan tujuannya dan membuat koreksi kerja jika di perlukan.
KINERJA ORGANISASIONAL
  •  Organisasi secara formal sebagai suatu entitas social yang diarahkan oleh tujuan dan dibangun secara sengaja. Entitas social berarti terdiri atas dua atau lebih orang. 
  •  Efekttifitas orgaisasi berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang disiapkan.
  • Efisiensi organisasi adalah jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional.
KETERAMPILAN MANAJEMEN
  1. Keterampilan Konseptual : Kemampuan kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu system utuh dan hubungan antar bagiannya. Keterampilan konseptual mencakup pemikiran, pemrosesan informasi, dan kemampuan perencanaan manajer. 
  2. Keterampilan Interpersornal : Kemampuan manajer untuk bekerja dengan dan melalui orang lain, serta bekerja secara efektif sebagai anggota tim. Keterampilan ini tercermin lewat kemampuan manajer untuk berhubungan dengan orang lain, termasuk kemampuan memotivasi, memfasilitasi, mengoordinasi, memimpin, mengomunikasikan dan menyelesaikan konflik. 
  3. Keterampila Teknis : Pemahaman dan penguasaan dalam melaksanakan tugas tertentu. Keterampilan ini mencakup penguasaan metode, teknik, dan peralatan yang digunakan dalam fungsi-fungsi tertentu seperti rekayasa, manufaktur atau keuangan.

JENIS - JENIS MANAJEMEN
  •  Perbedaan Vertikal
Manajer Puncak
Berada di tingkat teratas hirarki dan bertanggung jawab terhadap keseluruhan organisasi.

Manajer Tingkat Menengah
Bekerja di tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab untuk unit-unit bisnis dan departemen-departemen utama.

Manajer Proyek
Bertanggung jawab untuk proyek kerja temporer yang melibatkan partisipasi orang dari beragam fungsi.

Manajer lini pertama
Bertanggung jawab secara lansung terhadap produksi dan jasa.
  •  Perbedaan Horisontal
Manajer Fungsional
Bertanggung jawab bagi departemen-departemen yang mengerjakan tugas fungsional tunggal dan memiliki karyawan dengan pelatihan dan keterampilan yang serupa.

Manajer Umum
Bertanggung jawab bagi sejumlah departemen yang mengerjakan beragam fungsi.

AKTIVITAS MANAJER

  • ciri aktivitas manaejerial :
 Keragaman, fragmentasi 
 Durasi yang singkat 
 Hidup cepat manajer melakukan banyak pekerjaan dengan kecepatan yang dimiliki 

PERAN MANAJER

  1. Peran Informasi : Peran Informasi adalah berbagai aktivitas yang dilakukan untuk merawat dan membangun jaringan informasi.
  2. Peran Interpersonal : Peran Interpersonal berkenaan dengan hubungan dengan orang lain dan berkaitan dengan keterampilan interpersonal yang telah dibahas.
  3. Peran Keputusan : Peran Keputusan berkenaan dengan berbagai peristiwa yang di dalamnya manajer harus menentukan sikap dan mengambil tindakan.

MANAJEMEN DAN TEMPAT KERJA BARU

  • Karakteristik tempat kerja baru
Tempat kerja baru merupakan suatu digitalisasi bisnis, dalam artian terdapat perubahan cara kerja, karyawan, dan tempat kerja itu sendiri secara radikal. Sementara tempat kerja lama lebih bersifat terbiasa dengan prosedur standar yang telah ada.
  • Kompetensi Manajemen Baru
Menghadapi transisi ini, para manajer harus memikirkan kembali pendekatan mereka dalam mengorganisasikan, mengarahkan, dan memotivasi para karyawan. Para manajer terbaik hari ini meninggalkan pola pikir perintah-dan-kendalikan mereka guna berfokus untuk melatih dan membimbing, menciptakan organisasi yang cepat, fleksibel, inovatif, dan berorientasi hubungan.







Sumber : Era Baru Manajemen, Richard L. Daft. buku 1, edisi 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar