Kamis, 15 November 2012

MANAJEMEN KEUANGAN

Keuangan adalah fungsi dari sebuah bisnis yang menangani perolehan dana bagi perusahaan dan pengelolaan dana tersebut di dalam perusahaan.
          Sedangkan manajemen keuangan adalah pekerjaan mengelola sumber daya sebuah perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya.
          Manajer keuangan adalah manajer yang memberikan rekomendasi bagi manajemen tingkat atas mengenai strategi-strategi untuk memperbaiki kekuatan keuangan sebuah perusahaan.
          Pada Mei 2006, 35 dari 500 perusahaan terbesar di AS memiliki CFO (Chief Financial Officer) perempuan. Lima perusahaan terbesarr dengan CFO perempuan adalah Citigroup, Home Depot, Verizon, Marathon Oil, dan Medco Health Solutions.
         3 alasan utama mengapa wanita bisa mencapai posisi CFO ini yang pertama adalah, wanita bisa mendukung bos. Yang kedua, wanita adalah partner kerja yang baik. yang ketiga adalah budaya organisasi yang dimiliki oleh wanita.
         Proyeksi merupakan bagian penting dari setiap rencana keuangan perusahaan. Proyeksi jangka pendek memprediksi pendapatan, biaya, dan beban untuk periode satu tahun atau kurang. Proyeksi ini merupakan dasar dari semua rencana keuangan lainnya,sehingga keakuratannya merupakan hal yang sangat penting. Sebagian dari proyeksi jangka pendek bisa jadi dalam bentuk proyeksi arus kas yang memprediksi arus kas masuk dan keluar pada periode mendatang, biaanya bulanan atau kuartalan. Arus kas masuk dan keluar yang tercatat di dalam proyeksi arus kas didasarkan pada perkiraan pendapatan penjualan dan berbagai biaya serta beban yang akan terjadi dan kapan akan terjadi. Proyeksi penjualan perusahaan memperkirakan proyeksi penjualan perusahaan untuk periode tertentu. Suatu bisnis sering kali menggunakan laporan keuangan masa lalunya sebagai dasar untuk memproyeksi perkiraan pernjualan dan berbagai biaya serta beban.
         Proyeksi jangka panjang memprediksi pendapatan, biaya, dan beban untuk periode lebih lama dari 1 tahun, dan terkadang selama 5 atau 10 tahun mendatang.
         CFO mendapat informasi keunagan dari :
         47%     : Koran
         15%     : Rekan
         12%     : Televisi
         11%     : Internet
         9%       : Majalah
         5%       : Radio
         1%       : Tdk tahu

       
Proses anggaran bergantung pada keakuratan laporan keuangan perusahaan. Sederhananya, anggaran adalah sebuah rencana keuangan. Lebih spesisfik, anggaran menjelaskan harapan-harapan manajemen atas pendapatan dan, dengan dasar harapan-harapan tersebut, mengalokasikan penggunaan sumber daya tertentu di seluruh perusahaan.
       Ada beberapa tipe anggaran yang dikembangkan di dalam rencana keuangan perusahaan :
  •  Anggaran modal : menyoroti rencana pengeluaran perusahaan untuk pembelian aset-aset utama yang sering kali memerlukan jumlah uang yang sangat besar.
  • Anggaran kas : memperkirakan proyeksi arus kas masuk dan keluar yang dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui kekurangan atau kelebihan kas selama periode tertentu.
  • Anggaran operasional atau anggaran master : mengikat erat semua anggaran perusahaan lainnya dan meringkas aktivitas keuangan bisnis yang direncanakan. 
        Pada dasaranya semua organisasi memiliki kebutuhan operasional tertentu yang mana dana harus tersedia. Area-area inti mencakup :
  • Mengelola kebutuhan sehari-hari bisnis
  • Mengendalikan operasional kredit
  • Memperoleh persediaan yang dibutuhkan
  • Melakukan pengeluaran modal
       Alasan-alasan perusahaan membutuhkan dana jangka pendek dan jangka panjang :
  • Dana jangka pendek
  1. Memenuhi biaya bulanan
  2. Hal-hal darurat yang tidak diantisipasi
  3. Permasalahan arus kas
  4. Perluasan persediaan yang ada
  5. Program promosi tempore
Sumber dana :
·         Perdagangan kredit
·         Promissory notes
·         Keluarga/teman
Bank :
·         Pinjaman dengan jaminan
·         Pinjaman tanpa jaminan
·         Anjak
·         Surat berharga
·         Kartu kredit
Dana jangka panjang
  1. Pengembangan produk baru
  2. Penggantian peralatan modal
  3. Merger atau akuisisi
  4. Ekspansi ke pasar baru (domestik atau global)
  5. Membangun fasilitas baru
 Sumber dana :
·         Hutang :
Pinjaman
·         Obligasi :
Jaminan
Tanpa jaminan
·         Ekuitas :
Saham
Laba
Modal
           Obligasi hampir sama dengan saham, hanya jangkanya lebih panjang daripada saham. Tiap tahun mendapat keuntungan dari penerbitan obligasi. Yang menerbitkan obligasi biasanya pemerintah bagian pusat dan lokal, agen pemerintah pusat, perusahaan korporasi, pemerintah dan perusahaan asing. Obligasi juga dapat diterbitkan oleh perusahaan. Di kontes obligasi, ada yang bertindak sebagai mediator, dan biasanya perbankan lah yang bertindak sebagai mediator. 
           IPO
           Musim panas 2006
  • 89 perusahaan mengajukan rencana untuk mengumpulkan uang melalui IPO untuk meningkatkan sebesar $163 M
  • 17 perusahaan menarik rencana mereka untuk melanjutkan pekerjaannya dengan IPO mereka berharap meningkat sebesar $3.89 M
  • Penarikan - Go Daddy Group dan PNY teknologi
  • Pengisian - Double - mengambil perangkat lunak dan Hansen Medis
          Google IPO
       Goggle IPO adalah bursa saham, dan tidak ada yang mendirikan. Diluncurkan pada Agustus 2004
  • Harga IPO - $ 85 per saham
  • Berusaha untuk meningkatkan sebesar $ 2.7 M
  • Menawarkan dengan gaya lelang yang tidak biasa
  • Dengan IPO, perusahaan harus menjelaskan inner
  • Pesaing - Yahoo dan Microsoft

Tidak ada komentar:

Posting Komentar